Resep Gulai Nangka Muda

>> Tuesday, November 02, 2010

Anda bingung, nangka muda koq dimasak gulai? Jangan bingung, kalau biasanya yang ada itu gulai kambing, gulai ayam, nah sekarang kita coba gulai nangka. Menu ini biasanya orang Padang yang suka memasaknya (aku tahunya juga dari teman...hehe...). Kalau di Jawa nangka muda dibuat gudeg, di Padang dimasak gulai. Yuk kita mulai memasaknya.



Bahan:
  • 1 buah nangka muda ukuran sedang
  • 1 liter santan dari 1,5 btr kelapa
  • 1 lbr daun kunyit
  • 4 lbr daun jeruk
  • 1 mata asam jawa
  • 1 batang serai, memarkan
  • kol, secukupnya, iris kasar
Bumbu halus :
  • 75 gram cabe merah
  • 8 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1,5 cm kunyit
  • 1/2 sdt garam
Cara membuat :
1. Nangka muda dikupas, dipotong-potong lalu buang intinya (hati), cuci bersih, remas-remas dengan garam agar getahnya keluar, lalu bilas dengan air bersih.
2. Rebus nangka muda hingga empuk.
3. Masak santan, masukkan bumbu dan rempah daun hingga harum, didihkan.
4. Aduk santan agar tidak pecah. Biarkan santan mengental, baru kemudian masukkan potongan-potongan nangka muda dan irisan kol.
5. Kecilkan api dan biarkan santan agak mengering serta bumbu meresap.
6. Angkat bila sudah cukup matang. Siap disajikan!

Tips:
Tambahkan 1 sdm bumbu bubuk siap pakai asli dari Padang.

Aku sendiri kurang mengerti ramuannya terdiri dari apa saja, tapi mereka biasanya mencampurkan bumbu itu untuk gulai nangka atau soto Padang. Aku punya juga pemberian dari teman yang asli orang Padang. Kalau mudik mereka akan membawa dalam jumlah banyak (untuk stock). Biasanya dalam kemasan kiloan. Di Jawa aku belum pernah menemukan bumbu ini. Maklum, ketika di rantau untuk mengobati kerinduan akan tanah air ya dengan memasak masakan daerah seperti ini.

Gambar gulai nangka di atas kurang menggoda, dan rasanya lebih enak sayur kiriman dari tetangga...kenapa ya?

Share to your friends:

22 comments:

windflowers 2 November 2010 at 04:05  

hehehe...belom tentu gambarnya ga menarik tapi rasanya ga sedap..tp aku yakin koq, kl masakan hasil mba narti pasti enak..entah kenapa ya aku pny keyakinan seperti itu...:)

Free Music Download 2 November 2010 at 04:30  

ini seperi yang di rumah makan padang itu ya mbak?

non inge 2 November 2010 at 05:57  

sepertinya ini cocok untuk yang vegetarian... dan pastinya cocok juga pas isi kantong ndak cukup untuk beli daging kambing/ayam he he...

coba aaaaaah.... ^^

Ferdinand 2 November 2010 at 06:36  

Wah klo ditambah rebung enak tuh Mbak hhe.... kebetulan aku lagi makan nie hhe.... jadi gak kepengaruh laper hhe....

maaf lama gak kesini... lagi libur dlu kemaren hhe... ap kbr mbak?

Djangan Pakies 2 November 2010 at 06:51  

Assalamualaikum Ning...
ini namanya Djangan Tewel .... menu paling aku suka apalagi digulai,
disamping Djangan Pakies hhhh

selamat berkarya sodaraku

fb 2 November 2010 at 08:25  

Enak nih kayaknya.. Jadi laper.

Bayu Lebond 2 November 2010 at 16:03  

lapeeeeeeeeeeeeeer....kl di solo pasti ditambah ama rebuean daun singkong n sambel yo jeng...

jangkrik 2 November 2010 at 18:02  

ternyata nangka bisa dijadikan gulai ya ?saya kira cuma amis-amisan saja mbak :D

General Blog 2 November 2010 at 19:48  

heheh makasih resep nya mbak... biasanya saya sering beli ini gulai nangka di rumah makan padang :)

Nathan 3 November 2010 at 12:12  

tnya nangka bs dbuat mskan enak jg y... jd laper...

info ponsel 4 November 2010 at 11:26  

Aku pernah makan sayur nangka rasanya mirip daging ayam..Itu gimana ngolahnya ya

Saung Web 4 November 2010 at 13:18  

Nangka ???.. oh no... Asam urat ku bisa kammbuh nih.. haha

genial 4 November 2010 at 20:39  

nii yg namanya kince kan iia??? hhmm... tp ini kan nangka... kince itu durian... gmn iia? duuhhhh binun :p

angga7 5 November 2010 at 19:24  

aku suka gulai, aku juga suka nangka, wah jadi penasaran :D

Blogger 6 November 2010 at 11:51  

apa kabar mbak? lama ga blogging ketinggalan resep yang sedap² dari mbak narti he... wuh sedep tenan ini gulai nagka mudanya mbak, serrr

si~jaya 6 November 2010 at 16:30  

hmmm ... membuat napsu makan nambah deh ... mantap ... :D

DenBaGas 7 November 2010 at 17:08  

Salam
Wah, saya ketinggalan resep baru lg nih..
Tapi saya Ngga suka kuah bersantan mba...

Salam kawan

Slamet Riyadi 9 November 2010 at 04:54  

sebagai pengganti daging bisa tu mba... tapi enakan dibikin gudeg sampe layu byanget baru enak hehe

indah may,  30 July 2012 at 07:24  

Tpi kayax bikin lapar banget mb......

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP